S1 S1 - Ekonomi Syariah

Tentang Program Studi

Akreditasi

Website

-

gambar-prodi

Jurusan Ekonomi Syariah pada dasarnya merupakan bidang studi yang mempelajari tentang ilmu, teori dan sumber daya ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, terkhusus dalam perspektif islam.

Jurusan ini juga sering disebut dengan Ekonomi Islam, sebab dalam ajaran agama Islam, nilai dan hukum setiap kegiatan ekonomi (seperti jual-beli, utang-piutang, simpan-pinjam, bagi hasil, dan lain-lain) telah diatur.

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

PMB IIM SURAKARTA - PMB Mandiri

Untuk Calon Mahasiswa Baru Jalur Transfer, silahkan menggunakan Jalur PMB Mandiri

Reguler

1 Maret 2024 - 30 April 2024

Biaya Daftar Rp. 300.000

Prospek Karir

1. Karyawan Perbankan Syariah

Prospek kerja pertama untuk lulusan jurusan Ekonomi Syariah adalah sebagai karyawan perbankan. Posisi ini akan selalu menjadi pilihan bagi para lulusan fakultas ekonomi, termasuk untuk lulusan jurusan ekonomi syariah. Apalagi, saat ini sudah banyak bank yang mulai menerapkan hukum syariah sebagai kebijakan baru.

2. Konsultan Bisnis

Berkembangnya perekonomian Islam mengisyaratkan aturan bisnis syariah yang juga ikut naik daun. Dengan bekal ilmu yang kamu dapat di bangku kuliah, kamu dapat berprofesi sebagai konsultan bisnis, khususnya yang bersangkutan dengan hukum keuangan Islam. Ini juga menjadi prospek kerja dari jurusan ekonomi syariah.

3. Pegawai Pajak

Prospek karir jurusan ekonomi syariah selanjutnya adalah menjadi pegawai pajak. Tugas yang akan dijalankan ketika menjadi pegawai pajak cukup beragam. Mulai dari menghitung pajak, hingga melakukan audit finansial terhadap perusahaan secara menyeluruh.

Namun, angka persaingan untuk pekerjaan ini cukup tinggi. Sehingga kamu perlu memantapkan ilmu dan banyak berlatih bila kamu ingin bekerja sebagai pegawai pajak.

4. Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan biasanya bertugas menyiapkan dan menerbitkan tanda terima, setoran, pesanan pembelian, faktur, pengembalian uang, dan tugas pembukuan standar lainnya. Selain itu, profesi ini juga biasanya bertugas untuk mengelola piutang dan hutang, serta mempersiapkan, melacak, dan merekonsiliasi buku besar dan anggaran.

5. Tenaga Pengajar

Untuk kamu lulusan jurusan ekonomi syariah yang memiliki passion dan kemampuan menjadi pengajar, bisa memilih profesi tenaga pengajar. Kamu bisa memilih menjadi guru ekonomi di sekolahan, menjadi tutor untuk mata pelajaran ekonomi di lembaga bimbingan belajar. Bahkan kamu bisa menjadi dosen setelah menyelesaikan gelar S2.

 

Materi Pembelajaran

Sebaran Program Studi Ekonomi Syariah Kurikulum 2021 bisa dilihat disini!

 



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!